Masih Beranikah Kita Bermimpi?

permisi mang ibam , wita reblog yaa

Ga baca pasti ga rame!

Ikal, Arai, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Trapani dan Harun adalah beberapa nama yang boleh jadi kita kenal betul. Ya, mereka adalah nama tokoh yang dikisahkan dalam Tetralogi ‘Laskar Pelangi’. Sebuah novel yang isinya mengingatkan kita akan masa-masa indah bermain dan bermain, masa penuh imajinasi tanpa batas, saat kita masih kecil. Novel pertama karangan Andrea Hirata ini mengetuk diri kita akan keberadaan kunci untuk menaklukkan rintangan, menaklukkan apapun yang menghadang, kunci untuk menaklukkan dunia : Mimpi. Dalam kisah penutup, Ikal dan Arai pun akhirnya bisa menggapai mimpinya menjejakkan kaki di altar pengetahuan Sorborne.

Kita pun mengenal Alif, Raja, Said, Dulmajid, Atang serta Baso dalam novel ‘Negeri 5 Menara’. Hidup mereka yang penuh lika-liku, ketatnya peraturan, Class Six Show, ujian-ujian berat di PM, akhirnya dapat mereka lalui dengan 3 hal : kekuatan mimpi, kesungguhan dan kesabaran. Dalam novel penerusnya, Alif Fikri pun berhasil meneruskan kisah indahnya, berhasil menjadi kontributor berbagai…

View original post 767 more words

Advertisements

POSTER LDO ANKARA 2013

POSTER LDO ANKARA 2013

Penuh perjuangan loh buat ini… yap alias nahan ngantuk. Tapi aku suka pekerjaan ini sekarang, jadi divisi publikasi bagian poster untuk Gema Ilmiah Ankara. Rasanya hasrat menggambarnya tersalurkan. Satu-satunya yang paling menyebalkan adalah kalau udah buat lama eh taunya salah, karena langsung panik dan uuuh mood terjun bebas. ;D Tapi disamping itu ada yang hal yang paling bikin BAHAGİA. Ketika Om Faris atau Bang Gagas bilang “Mantap… terbitin wit!” :,D
~oke sekian. sudah malam ikan bobo~

a letter to WIRZA (Wili, Riza, Aisyah)

Hai abang Wili , Ija dan Icaaah!!! apa kabar kaliaaaan? Cieeee yang udah jadi anak sma! Haha ga kerasa waktu begitu cepat berlalu. Rasanya baru kemarin kalian SD dan sekarang kalian sudah besar…. kaka terharu *lebay*hehe

 Oya ga kerasa hampir 8 bulan kaka di Turki dan jauh dari kalian. Banyaaaaaak banget cerita-cerita disini, mulai dari yang sedih bikin galau gundah gulana tingkat dewa , sampai cerita yang super duper rame cetar membahana pun ada. Kalo kalian di Bandung gimana? Pasti sekarang lagi banyak libur ya? Karena kelas 12 persiapan UN dan juga lagi heboh-hebohnya berita Kang Emil yang jadi calon walikota Bandung.

Oh iya Bang wili kan udah 17thn, nanti abang pilih Kang Emil yaaa! *kampanye* Kang Emil tuh keren tau , seorang  Arsitek muda tapi karyanya banyak dan mendunia.  Kalian pernah main  ke mesjid al-irsyad yang di kota baru parahyangan kan ? itu dia yang design. Dan juga tulisan DAGO yang warnanya merah dan besar segede apapun itu, yang  biasa di tongkrongin kalo car free day tiap hari minggu, itu salah satu design dia di antara design-design  terbaik dia yang mendunia.

Sebenernya kaka nulis ini bukan mau kampanye tentang Kang Emil… Kaka ingin nulis surat cinta aja buat kalian karena kaka tau kalian pasti kangen berat sama akoh,  kaka paling unyuk se Gang Bombay hahaha *siap-siap di timpukin* Kaka tau kalian suka malu-malu gitu gak ngehubungin kaka makanya kaka nulis surat ini duluan ;p.

Hmm btw, di bandung lagi musim apa nih ? daerah rumah kita masih panas dan macetkah? Kalo di Turki, sekarang udah masuk musim semi alias SPRIIIIIIIIING yeaaaay! Kalo kalian penasaran spring itu seperti apa, gausah jauh-jauh… ini rasaya seperti di Lembang kalau lagi cerah. Langit Biru, cerah dan berangin, Asik buat ngegalau hehe ga deng jangan galau… hidup terlalu indah kalau dihabiskan hanya untuk meng-galau.

Naaah for your information juga , musim semi itu jadi musim paling banyak orang indoesia datang ke Turki. Biasanya mereka main ke Istanbul untuk transit liburan sebelum atau sesudah umrah. Karena Istanbul adalah salah satu kota Wisata di Turki yang paling pas dijadiin tempat liburan. Selain tempatnya yang indah, kota yang dulu bernama konstatinopel ini memiliki banyak sejarah.

Ada cerita penuh hikmah dari temen kaka disini yang baru saja jadi tour guide dadakan beberapa waktu lalu. Sebut saja dia Bunga, mawar juga boleh … eh kalo mawar kan nama uni kita… jangan deng ganti aja Melati 😀 hehe. Jadi begini, Alkisah… Bunga mendapatkan tawaran  untuk menjadi Tour Guide beberapa waktu lalu. Bunga yang sebenernya masih kurang dari 1thn tinggal di Bursa (salah satu kota dekat istanbul) dirasa mampu untuk jadi tour guide karena waktunya yang lebih fleksibel dari yang lain karena sama seperti kaka, kita masih TOMER (kursus bahasa turki).

Bunga sempat merasa grogi, bukan hanya karena ini menjadi pengalaman pertamanya tapi juga karena rombongan yang akan dia guide itu adalah rombongan ibu-ibu pejabat. Bahkan salah satu diantaranya adalah istri seorang mentri di Indonesia. Bahkan saking groginya , pada malam hari sebelum penjemputan rombongan, Bunga bbm kaka dulu minta didoakan semoga kegiatan dia besok nge-guide diberi kelancaran.

Dan hari H pun tiba, Bunga beserta salah satu diplomat dari KBRI di turki sebut saja tante Devi pergi menjemput rombongan dan memulai tour keliling kota Bursa dan ke Uludag (gunung terkenal di Bursa tempat main ski kalau winter. Nanti kita kesini yaaaa!) Di awal pertemuan Bunga merasa nyaman dan tidak menemukan kendala yang berarti karena ada Tante Devi yang selalu bersamanya dan juga Ibu-ibu rombongan yang begitu ramah. Suasana jalan-jalan pun begitu cair, nyaman dan menyenangkan. Bunga cerita, dia juga mendapatkan banyak pelajaran dari nasihat-nasihat yang disampaikan beberapa dari ibu-ibu rombongan tersebut, mereka menunjukan rasa sayangnya terhadap Bunga seperti pada anak sendiri. Yaaa Kaka pikir sih ini memang wajar , karena kaka kenal kalau Bunga ini orangnya memang sevimli (re: loveable) .

Tapi ada hal mengejutkan, ini berdasarkan curhatan si bunga yaaa . Jadi, Entah beberapa atau  hanya salah satu dari ibu-ibu rombongan saja kaka kurang tau pastinya, karena Bunga gak secara jelas ceritanya, langsung nunjukin perubahan sikapnya sama Bunga karena tahu kalau ternyata Bunga ini bukan keluarganya Tante Devi atau anak salah satu diplomat KBRI.

Bunga cerita sama kaka kalau bunga ini ditanya tentang orang tuanya siapa, kerjanya apa, dan kenapa kuliah ke Turki. Saat Bunga cerita tentang keberadaannya di Turki karena mendapatkan Beasiswa. Bunga merasakan sikap beberapa dari mereka ada yang berubah, ga seramah seperti pertama ketemu. Ketika  beberapa dari mereka ‘mungkin’ karena baru tau kalo bunga ini ternyata bukan anak dari orang penting atau siapapun yang mereka sangka sebelumnya.

Haaaaaaa CAN YOU IMAGINE GUYSSSSS ? HOW’S YOUR FEELING IF YOU WERE BUNGA AT THAT TIMES? Melihat perubahan sikap seseorang yang tadinya ramah jadi biasa aja (oke ini lebih baik sih karena bukan berubah menjadi lebih buruk) Tapi BERUBAH looo BERUBAH tanpa jelas yang pasti…  Kaka bisa ngebayangin gimana *jlebnya di perlakukan beda secara tiba-tiba saat Bunga cerita tentang ini.

Mulailah kaka ngomong sendiri dalam hati… Kenapa sih harus kaya gitu ? Apakah untuk kenal, baik dan akrab dengan orang lain itu harus ada embel-embel  keuntungan relasi di belakangnya?  Kaka setuju kalo semua orang itu punya hak untuk menentukan bagaimana bersikap terhadap orang lain tapi Hellooooooo…..  Who do you think you are? Bahkan orang terkaya, terpintar, terrrrr-rupawan pun akan sama-sama dikubur dan dimakan cacing dalam tanah. *sigh*

Inilah hukum sosial dalam kehidupan nak… (kaka sok sok tua) Ketika tingkat pendidikan, bibit, bebet, bobot, status-status sosial dan lain-lain halnya itu menjadi salah satu tolak ukur penghargaan manusia terhadap sesamanya. Kaka yakin banget Allah yang Maha Baik tau akan buruknya sikap ini, tapi kenapa Allah gak ngilangin hal ini coba? Karena pasti ada hal-hal yang bisa kita ambil untuk dijadikan pelajaran.

Sebagai seorang mu’min, penghargaan manusia bukan jadi tujuan utama yang harus kita raih. Karena yang lebih utama adalah untuk jadi berharga dimata Allah. Coba bayangin deh …. bukankah lebih baik ketika kita bisa mendapatkan keduanya?  Dipandang baik oleh Allah SWT dan dinilai tinggi oleh manusia sebagai bonusnya.

Hal yang dialami Bunga harus jadi pacuan semangat untuk kita dek… Kalau kita, di hidup yang hanya sekali dan singkat ini memang  HARUS JADI SESEORANG!!!  Menjadi seseorang bukan agar dihargai orang lain, tapi karena Allah suka kalau kita bisa lebih bermanfaat ketika menjadi seseorang yang berhasil, bisa membantu lebih banyak orang dan tetap rendah hati. Dan untuk berhasil itu butuh usaha dan doa yang nyata.

Masih ingat hukum Newton III kan kalian?  Kalo kaka sih pernah kenalan aja sekali waktu kelas 9, dah itu ga temenan lagi soalnya kaka kan jurusan IPS di SMA, jadi wajar aja kalo lupa Jv

Jadi, hukum Newton III itu adalah

“AKSI = REAKSI”

Ketika usaha dan doa kita besar dalam mengusahakan sesuatu (AKSI BESAR) maka hasilnya pun akan sukses (REAKSI BESAR).

Maka dari itu kaka mau bilang :

Semangat adek-adek kesayangan kakaaaaaa….. Abang Wili, Adek ija , Adek Icah dan adek-adek kaka yang lainya kalian harus punya mimpi ! Setinggi , Sebesar atau Semustahil apapun itu jangan pernah takut!  Karena kita punya Allah yang Maha Mendengar doa-doa kita, ada Allah yang Maha Melihat sekecil apapun usaha kita dan ada Allah yang Maha Baik , yang mau wujudkan mimpi kita dengan “kun fa ya kun!”-Nya. Kuncinya cuma kita harus bisa melayakkan diri dimata Allah dengan benar-benar mengusahakannya. Ayo semangat ! kita sama-sama perbaiki sholat kita, perbaiki sikap kita terhadap orang tua, saudara dan teman-teman,  juga manage waktu belajar dan main kita dengan baik.

Abang wili, belajar yang bener dan jangan pernah ninggalin sholat yaa. Abang wili itu, adek kebanggaan kaka, yang paling bisa diandelin dan selalu bilang iya kalo kaka minta dianter kemana-mana, insya allah nanti kaka pun akan selalu bilang iya kalo abang butuh bantuan kaka. J ingat adek-adek , istri dan anak-anak abang wili nanti butuh imam yang tauladan. Jadi abang harus jadi seseorang dan sukses.

Untuk Ijaaaa dan icaaaah, si duo macan korban tempat curhat kaka. Tetap jadi putri sholehah kebanggaan kita yaaa! tetap cantik dengan jilbab dan kecerdasan kalian. Walaupun kita jauh, kalau ada apa-apa cerita ya!

“Kalau kita ga punya mimpi, orang macam kita ni kan mati kal !”

-Arai, Sang Pemimpi-

Image

 

wita & wili

Image

ovin, icah (aisyah), wita

Image

riza (ija), wita , aurora (ola)

Ankara, 29 Maret 2013